Menjual dan Membeli Barang Online

Galang271

buy and sell

Online, Online sebuah kata yang terbilang Keren. Apalagi saat kita tau temen kita punya baju bagus dan bertanya “ Beli dimana baju itu? dan teman ente menjawab “ oh ini via Online, dikota ini gak ada” Betapa terasa Gapteknya kan  ente kagak tau cara beli barang online. Dan betapa PDnya ente ketika menjawab pertanyaan seperti in, “ HP lu kemaren udah terjual ke siapa? dan ente jawab begini” udah ane jual online bro, orang papua yang beli”. See?..sekarang ane ingin menjelaskan sedikit cara menjual/membeli barang online

Yang Pertama sebagai Penjual. Yang dibutuhkan seorang seller Online Yaitu Produk dan No. Rekening. Produk jelas barang yang akan dijual dan promosikan diinternet, caranya seperti postingan sebelumnya. Ketika ada pembeli yang berminat, maka pembeli akan menghubungi Seller (sms/telepon) dan melakukan persetujuan harga. Jika Harga sudah setuju, sekarang tinggak ongkos kirim untuk mengirim barang ke tempat pembeli. Biasanya memakai jasa carga & Ekspedisi. Yang paling populer adalah JNE. Seller mengecek berapa Ongkoskirim menuju tempat pembeli tadi via JNE.co.id. Jadi Seller memberi total biaya yang harus dibayarkan pembeli. Harga Produk + Ongkos Kirim. Misal harga produk 10.000 dan ongkos kirim 5.000. jadi Seller memberi tau ke pembeli untuk mentransfer uang sejumlah 15.000 ke No. Rekening Penjual.

Yang kedua sebagai Pembeli. Kita sebagai pembeli memang harus pintar menawar harga, jika memang barangnya boleh ditawar. Mengapa harus ditawar?? Disamping lebih murah yaitu untuk menekan Ongkos kirim yang dikenakan. Jadi seperti ini, Barang dipajang oleh Penjual seharga 20.000 dan ongkos kirim dikenakan 5000. Jadi sebisa mungkin ente Tawar itu barang seharga 15.000. Jadi totalnya jadi 20.000 sudah termasuk ongkos kirim. Setelah harga Deal, pembeli mentransfer Sejumlah uang tersebut ke rekening penjual yang telah diberitahukan sebelumnya. Dan jika barang sudah sampai kota si pembeli, maka pembeli akan dihubungi oleh Jasa pengiriman dan akan diberi pilihan untuk diambil sendiri atau diantarkan. Tips dari ane, jika ente ada waktu luang lebih baik diambil sendiri. Karena langsung diambil oleh anda jika dibanding daiantarkan dengan alamat ente yang ribet dan masuk-masuk gang sempit.

Untuk sekedar Tips, khususnya Pembeli. Jangan mudah percaya kepada Online Shop. Ente harus jeli apakah olshop tersebut bisa dipercaya atau tidak. Bisa dilihat Test/ Komentar para pembeli sebelumnya apakan memuaskan atau tidak. Jika banyak yang mengatakan Puas, maka ente boleh membeli di Olshop Tersebut.

Blogger PES sejak tahun 2009 dari Kediri Jawa Timur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »