Tips Membeli dan Merakit PC untuk Low Budget

Galang271

Banyak sekali saya mendengar teman2 saya ingin merakit sebuah PC Sendiri. Walaupun sekarang adalah zaman mobilitas dimana gadget/laptop lebih berguna dan paraktis untuk diajak kerja atau pun media hiburan. Tetapi PC adalah perangkat yang fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Entah itu kebutuhan untuk kerja kantoran, bermain game, ataupun sebagai perangkat multimedia.

Disini saya akan memberikan Tips untuk merakit atau memiliki PC sendiri berdasarkan pengalamn yang pernah saya lakukan.
1.  Niat















Yap…yang pertama pastinya adalah niat. Tidak sedikit juga seseorang yang sudah niat melakukan sesuatu akan putus ditengah jalan. Jadi yang pertama adalah bangunlah niat untuk merakit PC. Untuk apa PC tersebut kalian bangun. Perhitungkan matang2 dengan tujuan kalian. Misal, tujuan kalian hanya untuk bermain Game. Maka membeli/membangun sebuah PC Gaming adalah pilihan Salah. Kalian seharusnya membeli sebuah Konsol jika hanya ingin bermain Game. Seperti yang sudah saya katakana tadi, PC adalah perangkat yang Fleksibel, bisa kita atur sesuai dengan keinginan/kebutuhan kita.

2.       2. Sesuaikan Budget













Poin yang ini adalah yang paling penting, dimana kalian harus mengatur bajet kalian untuk merakit sebuah PC. Disini saya akan memakai sudut Pandang seorang Mahasiswa yang notabene harus berhemat dan cermat mengatur keuangan mereka. Jangan sampai jatah bulanan kalian habis hanya untuk membeli sebuah PC. Atur dan Cermati apa kebutuhan utama kalian.

3.  Mulailah Usaha















Dari poin sebelumnya saya mengatakan ini untuk sudut pandang seorang mahasiswa. Dan sekarang adalah mulailah Usaha untuk memutar Uang. Apa maksud dari memutar uang? Ya…kalian harus menambah penghasilan kalian, entah itu untuk berjualan tau penyedia sebuah Jasa. Dan itulah yang akan digunakan untuk tujuan kita kali ini, membangun sebuah pC. Disamping itukalian juga tidak akan selalu mengandalkan pemberian dari orang tua kalian.
Sebagai contoh, saya dulu di semester awal kuliah juga sebagai penjual Game PC bajakan. Ilmu online marketing juga saya pelajari dai Si Mbah. Rekening Bank juga masih numpang di temen. Entahlah dulu saya hanya posting barang saya di kaskus, ternyata banyak yang merespon. Ya mulai dari situ lah Uang akan berputar. Dan kalian otomatis akan mendapatkan ilmu management secara otodidak.
 4. Modal















Mengenai modal saya yakin pembaca disini sudah memilikinya semua. Modal utama adalah pengetahuan, yep…saya yakin pengetahuan teman2 disini sangatlah luas. Pengetahuan tentang papun, terutama pengetahuan tentang dunia internet atau dunia Gaming.
Saya dulu bermodal Laptop Jadul dan Smartphone. Laptop saya gunakan untuk Mem-burning DVD pelanggan, dan smartphone saya gunakan untuk transakai menggunakan Internet banking, Whatsapp, dan aplikasi tracking paket seperti JNE. Saya dulu belum mampu membeli sebuah DVD blank satu Slot yang berisi 50 biji itu, melainkan saya hanya bisa membeli eceran, biasanya hanya membeli 15 keping. Nah dari situlah Uang akan berputar, bagaimana anda menentukan laba dan sebagainya.
 5. Cicil Sedikit demi sedikit












Poin ini tidak berlaku bagi kalian yang sudah bekerja. Kalian tidak bisa membeli sebuah PC Baru sekaligus dengan harga 5juta. Kalian harus menyicil sedikit demi sedikit. Misal, bulan 1 saya harus membeli Motherboard. Bulan 2 beli Harddisk. Bulan 3 beli RAM, dst. Merasa Kelamaan??....
Saya dulu berawal membeli motherboard Bekas LGA 775 seharga 300ribu rupiah, sambil menunggu uang terkumpul kembali kira2 sebulan lebih kemudian saya lanjutkan membeli VGA dengan harga 340ribu rupiah, Processor pentium 4 seharga 100ribu dan kemudian selama 4 bulan berturut-turut membeli RAM, Harddisk, Power Suply, dll. Yaa…itu semua adalah bekas/second. Casing CPU pun juga masih mnggunakan kardus bekas sepatu. Target saya waktu itu hanya untuk bermain PES 2013 lancar.
 5.  Pelajari Maintenace dan ilmu perakitan PC










Jujur saja dulu saya sangat Awam mengenai Hardware PC. Saya berpikir Perangkat PC itu hanya itu2 saja. Ternyata Tidak…!!! Ketika mau membeli motherboard ternyata banyak sekali tipe dan tingkatannya, mulai  dari intel yang jadul socket 478, kemudian naik ke LGA 775, 1156, 1155,1150, dan yang terbaru 1151. Membingungkan bukan?? Ya..anda perlu membaca dan mempelajari mengenai Motherboard. Kemudian menginjak ke VGA. Saya dulu berpikir memori gede di VGA adalah The Best, ternyata?? No….!!! anda harus mempelajari tipe dan karakter :v dari nvidia, seri Geforce GT, GTS, dan GTX . bagaimana GT430 2GB bisa kalah telak dengan GTX550 yang hanya 1gb, berapa lebar pita/bandwidth VGA  tersebut, bagaimana generasi VGA tersebut, ya cukup membingunkan juga. Masih banyak lagi yang harus anda pelajari mengenai Hardware. Dimana saya harus belajar?? Sekolah? Kursus?...No!!! Kamu bisa belajar dimana saja, manfaatkan Smartphone mu men…..

5.Mulai Upgrade

Sampai Poin ini saya anggap anda telah memiliki sebuah PC yang bisa menyala. Kemudian Buatlah target list, mana yang akan anda upgrade duluan. Bagian ini tidak perlu menarget sebulan sekali untuk upgrade. Biarkan Kantong anda bernafas, dan sipemilik kantong juga bernafas :v . Perhitungkan juga apa tujuan anda mengupgradenya.

Spec awal saya dulu adalah sbb: Pentium 4 HT, 2gb ram, 120gb hardisk, vga gt220. Saya menmbah kapasitas hardis sebesar 160gb, sedikit?? Yaa…memang hanya mampu membeli segitu, karena saya suka mengoleksiserial Anime yang tiap minggu updater terus, jadi saya memutuskan untuk upgrade kapasitas. Kemudian saya ingin bermain game terbaru, karena vga saya Cuma gt220 dan saya harus menabung lagi untuk bisa memainkan game yang saya inginkan.
Itulah beberapa tips dari saya. Semua itu berdasar pengalaman pribadi saat ini. Sekarang saya sudah tidak berjualan Game lagi. Sudah ada banyka tanggungan yang harus saya kerjakan sekarang ini. 

Blogger PES sejak tahun 2009 dari Kediri Jawa Timur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »