[Discuss] Spec PES 2013/2014

Open-mouthed smileYahooo Minna, Gomenasai ya lama nggak update blog. Disamping nunggu PES 2014 keluar, ane juga agak males hehe, tapi kali ini ane mau berbagi lagi nih. Pas jalan2 di grup FB, ya pastinya grup PES juga kan, banyak pertanyaan yg membuat mata ane pedes Crying face, soalnya yang ditanyain itu2 aja. Barangkali agan adalah salahsatunya, yaaa ane minta maaf deh, nanti ane bahas dibawah ya, simak gan Hot smile.
Masalah Spesifikasi Komputer.
Banyak yang bertanya kenapa PES nya nge Lag, padahal spec udah oke. Oke jangan dikira PES ane GOOD semua yah, nih ane kasih SS nya 1
See?? yang GOOD cuma RAMnya doank Confused smile. Tapi jangan salah, ane main di Monitor 19” resolusi 1360 x 768 Setting High Lancar Jaya gan. Stay 60 FPS Hot smile.

VGA
“Loh gan, VGA ane 1gb tapi kok masih ngeLag??” pasti ada yang bertanya demikian kan? INGAT!!! VGA jangan dilihat besar memorynya doank gan, besar memory kagak ngaruh banyak di game. Lihat juga Buswidth, memory clock, core clock dsb. manfaatin aplikasi sejenis GPU-Z
1
Bisa dilihat diatas. VGA ane cuma 512 Mb gan, tapi PES ngebacanya 480mb Annoyed. tapi VGA ane GDDR5 gan, buswidth nya 128 bit dll nya silakan liat diatas.
Jadi coba deh bagi yang belum tau donlot aplikasinya (google) dan lihat seberapa besar kekuatan VGA agan. Biasanya kalo Buswidth nya masih 64 bit bakal Lag kalo setting High
Processor
Bisa dilihat kan Minimum PES butuh P4 2,4ghz dan rekomnya core2duo 2,0 ghz. PES 2013 termasuk game ringan gan, ane cukup pake intel e2200 dual core udah bisa lancar. jadi jangan beranggapan gini misal, wah procesor ane intel G630 1,8ghz (<<yang udah ngerti jangan dianggep serius, itu cuma misal) kok gak nyampe 2,0ghz?? Kembali Liat spec procienya gan, jangan liat clocknya aja (Ghz=clock) FYI intel G series itu udah dual core semua, jadi sama aja dengan core2duo. Intinya Procie Dual Core keatas udah cukup gan. Smile
RAM
Hilangkan anggapan semakin gede RAM nya semakin Lancar game nya. Karena kita bahas PES yang termasuk Game ringan RAM 3Gb itu udah cukup. Beda lagi kalo komputernya agan bukan cuma bwt pes, seperti Desain 3D/edit video emang butuh RAM gede
Main PES di Laptop
Saya yakin disini lebih banyak yang main di laptop daripada PC Open-mouthed smile cuma nebak aja sih. Karena Laptop udah sangat terjangkau dan bukan barang mewah lagi. Dan biasanya pas mau beli tanya apakah bisa untuk main PES Angel (true story ane) tapi Sad ending bagi ane Crying face.
Berbagi dikit ya gan pengalaman ane main PES dilaptop. Ane beli laptop tahun 2011 yg bertepatan saat itu ada PES 2011. Ya sudah pasti Laptop ane Tancap maen PES 2011 setting high, padahal spec mepet banget. Bukan cuma pes aja, game2 berat lainnya juga ane mainin dilaptop ane Disappointed smile maksa banget gan. sampai pada PES 2013 awal aja Laptop ane udah memberikan kemampuan terakhirnya Sad smile, yang dulu bisa maen setting high, sekarang malah maen di 800 x 600 setting Low. Krena Overheat gan, kapanasan, batere laptop ane juga udah jebol gara2 ngegame itu. Sekarang ane jadi beli PC sendiri biar aman buat main game. Jadi intinya Laptop bukan untuk main game gan, boleh sih buat main game, tapi bukan game2 yang SUPERRR.
Bagi yang mengalami Lag ditengah permainan, itu disebabkan Overheat atau kepanasan. Mending agan istirahatin Lepinya, trus lanjutin lg kalo udah dingin. Cara lain jangan pake high resolusi. pake aja yang penting nyaman buat main, supaya Laptop tidak bekerja terlalu berat.
System Requirement PES 2014
Nah, udah banyak kan Screenshoot dan thriler PES 2014. Tapi yang agan tunggu pasti Specnya, apakah PC/Lepi agan bisa memainkannya. FYI spec PES 2010 sampe 2013 hampir sama, menurut ane untuk PES 2014 ini bakal naik. Ane dapet bocoran dari Twitter
Processor: Intel: Pentium D 820 2.8GHz; AMD: Athlon LE-1640
VGA: Nvidia: GeForce 510; AMD: Radeon HD 5450 512 Mb
RAM: 1 Gb | OS: Windows XP | Direct X: 9 | Hard disk space: 8,5 gb.
 Lihat kan? Naiknya cuma dikit gan Open-mouthed smile. Itu Minimum loh ya, recommended nya pasti lebih tinggi lagi. Spec itu buat main di resolusi Low. Yang masih pake Windows XP bersyukurlah Konami masih memberi kesempatan, beda dengan tetangga yg harus windows 7 Laughing out loud. Bagi yang Vga nya masih directx 10 seperti Vga saya, sangat ga perlu khawatir, karena Konami masih pake directx 9.
Udah segitu dulu aja gan. kalo mau tanya silahkan Komen ya. Ja ne….

 UPDATE!!
Recomended Requirements PES 2014
Processor: Intel: Core 2 Duo E7400 2.80 Ghz | AMD: Athlon II X2 255
VGA: Nvidia: GeForce GT 440 | AMD: Radeon HD 5550 1024 Mb (1 Gb)
RAM: 4 GB | OS: Windows XP | Direct X: 9 | Hard disk space: 8,5 GB
Upgrade gan, Upgrade......

Blogger PES sejak tahun 2009 dari Kediri Jawa Timur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
August 2, 2013 at 4:31 PM delete

gan klo pake windows 8 bisa ga gan ?
soalnya pas pes 2013 klo pake windows 8 ga support gan
mohon solusinya gan

Reply
avatar
Anonymous
September 23, 2013 at 6:10 PM delete

PES 2014 lumayan berat dibanding PES 2013

Reply
avatar
October 1, 2013 at 5:38 AM delete

gan kalo speecs nya gini masih leg gimana solusinya ..
Processor: AMD Athlon(tm) II X2 245 Processor x 2 ‎(2.91Ghz)‎
VGA: NVIDIA GeForce 9400 GT ‎(PS4.0/VS4.0)‎ 1.0 GB
RAM: 2.0 GB | OS: Windows 7 Arc games | Direct X: 9 | Hard disk space: 15 GB

Reply
avatar
October 2, 2013 at 2:48 AM delete

coba RAM nya gan tambah aja jd 4GB :)

Reply
avatar
October 2, 2013 at 2:49 AM delete

iyoo gan, maklum lah udah ganti Engine juga :)

Reply
avatar
October 11, 2013 at 2:33 PM delete

gan mau tanya
kenapa laptop ane maen pess 2013 kok patah-patah
padahal speak nya good semua
core i7
ram 6gb dd3
nvidia gt540 2gb
2,2 ghz

sebelum nya lancar jaya
pas pindah wind8 mulai dah
ane pindahin lagi ke win7 kok masih

ada solusi gak gan

Reply
avatar
Anonymous
October 15, 2013 at 9:34 PM delete

klik properties di pes.exe, cari compatibility, trus run as windows 7 gan, :)

Reply
avatar
Anonymous
October 16, 2013 at 7:23 PM delete

spesifikasi seperti ini masih leg:
Intel(R) Core(TM) i5-2410M CPU @ 2.30GHz
RAM 4,00 GB (2,74 Gb usable)
32 bit
Nvidia GeForce GT 525M
Minta tipsnya???

Reply
avatar
October 18, 2013 at 3:18 AM delete

Coba Instal Ulang ke Win7 64 bit. biar RAMnya jd penuh 4GB.

Reply
avatar
October 27, 2014 at 5:07 AM delete

gan mau tanya kenapa pes 13 saya nge lag padahal dulu lancar,tapi nge lag nya cuma mau babak ke 2 aja pas pertama nya lancar?minta solusinya?padahal spek saya udah bagus

Reply
avatar
October 27, 2014 at 5:00 PM delete

pake Laptop apa kompi? Specnya gimana? bisa jadi itu overheat.

Reply
avatar
Anonymous
December 18, 2014 at 4:54 AM delete

klo aku pake amd sempron140 2,71ghz... ram 1gb dan vga 256 mb 64bit...pes 13 lumayan lancar...

Reply
avatar
Anonymous
December 18, 2014 at 5:00 AM delete

rizky dika...coba buka setingan display dan hilangkan ceklisan ENABLE FRAME SKIPPING DAN WAIT FOR VSYNC...display paling bawah...

Reply
avatar
Anonymous
December 18, 2014 at 5:03 AM delete

rizky dika...coba buka setingan display dan hilangkan ceklisan ENABLE FRAME SKIPPING DAN WAIT FOR VSYNC...display paling bawah

Reply
avatar
January 3, 2016 at 5:50 AM delete

bro mau tanya gw pake ram 4 gb ,vga 1 gb windows 7 64 bit, tapi mash patah22 knapa ia bro

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:32 AM delete

Spesifikasi PC ku sudah Good semua tapi kog masih belum lancar ya.. mohon bantuannya -_-

Reply
avatar